Wednesday, January 2, 2019

Makna Dibalik Motif “Pinto Aceh”


Aceh Review-  Pinto Aceh . Perhiasan berupa leontin ini bermotif tradisional Aceh yang disebut Pinto Aceh (Pintu Aceh). Motif  ini hanya salah satu dari ratusan motif perhiasan tradisional Aceh. Sekarang motif ini selain ada yang masih buatan tangan perajin emas, ada juga produksi massal, dan banyak dijual sebagai cindera mata yang  banyak peminatnya.


Oleh-oleh bros ini peminatnya beragam mulai dari laki-laki maupun perempuan, tentu saja imitasi. Biasanya “pinto Aceh” tidak hanya ada pada leontin tetapi juga terdapat dipakaian , pernak-pernik, serta yang berbau khas aceh.
Sejak dahulu motif inipun sudah terkenal. Sejak waktu masih anak-anak cukup banyak ibu-ibu di Aceh yang mempergunakan motif Pintu Aceh ini sebagai liontin. Banyak yang kagum dengan ukiran yang ada, penuh dengan Detil rumit. Sepintas dengar cerita motif ini berasal dari pintu rumah tradisional Aceh.
Fakta di Balik Pintu Aceh 
Motif ini diciptakan tahun 1935 oleh Mahmud Ibrahim, perajin emas dari Blang Oi. Karena kepiawaiannya membuat perhiasan ia dipanggil orang dengan Utoh Mud. Utoh Mud memperoleh sertifikat resmi atas keterampilannya itu dari pemerintah Belanda di Kutaraja (Banda Aceh) pada tahun 1926. Saat itu ia hanya membuat satu jenis perhiasan dengan motif Pinto Aceh, yaitu bros. Kini sudah ada cincin, leontin dan tusuk sanggul dengan variasi motif Pinto Aceh ini.

Pinto Aceh berbentuk ramping dengan jeruji-jeruji yang dihiasi motif kembang ditambah lagi sebagai pelengkap dengan rumbai-rumbai sepanjang kedua sisi. Desain Pinto Aceh diperoleh dari monumen peninggalan Sultan Iskandar muda bernama Pinto Khob . Monumen tersebut yang sekarang di sekitarnya dijadikan taman rekreasi, terletak di tepi sungai (krueng) Daroy, konon dulunya sebagai pintu belakang istana Keraton Aceh khusus untuk keluar masuknya permaisuri Sultan Iskandarmuda beserta dayang-dayangnya kalau sang permaisuri menuju ke tepian sungai untuk mandi. Sekarang ini taman tersebut diberi nama Tanian Putroe Phang (Taman Putri Pahang), nama sang permaisuri, dari desain gerbang kecil Pintu Khob itulah diambil motif untuk perhiasan yang bernama Pinto Aceh ini.
Semoga Bermnafaat.

Previous Post
Next Post

"Lahir di Lhokseumawe, lulus dari Jurusan Teknik Informatika dengan gelar Bachelor of Science (BSc or BS)/Sarjana Komputer(S.Kom).Mencoba belajar menjadi seorang Blogger amatiran "..

Related Posts

3 comments:

  1. Assalamualaikum...
    Boleh kirimkan file gambar pintu aceh yg sebelah kanan yg ada di blog ini kak?
    Terimakasih sblmnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau Dikirim Kemana Mas .mohon di cantumkan Emailny.!

      Delete
  2. Assalamualaikum...
    Boleh kirimkan file gambar pintu aceh yg sebelah kanan yg ada di blog ini kak?
    Terimakasih sblmnya.

    am.fhotografy@gmail.com

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*rn*grafi, Psik*trop*ka,H*ck,J*di dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!