RPL - Rekayasa perangkat lunak
RPL yang
sebenarnya merupakan singkatan dari rekayasa perangkat lunak.
Apa sich artinya rekayasa perangkat lunakitu?. Sebelum membahas
mengenai apa itu rekayasa perangkat lunak seharusnya kita tahu
apa sebenarnya dari perangkat lunakitu sendiri. Apakah perangkat
lunak itu adalah barang-barang halus seperti makanan, serbuk-serbuk atau
hal-hal lain yang lunak-lunak. Tentu saja tidak bukan! Jadi apakah yang
dimaksud perangkat lunak itu, perangkat lunak yang
dimaksudkan di sini adalah semua program yang ada di dalam komputer. Secara
definisi, perangkat lunak adalah seluruh perintah yang digunakan
untuk memproses informasi baik itu berupa program atau prosedur. Sedangkan
program adalah kumpulan perintah yang dimengerti oleh komputer, dan prosedur
adalah perintah yang di butuhkan oleh pengguna dalam memproses informasi.
Setelah
tahu arti dari perangkat lunak, lalu apakah definisi dari rekayasa
perangkat lunak itu? Sebenarnya rekayasa
perangkat lunak merupakan adopsi dari penjabaran software
engineering. Software engineering sendiri menurut IEEE Computer Society
adalah penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan
terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak,
serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan
engineering atas perangkat lunak.
Setelah perkembangannya ada juga yang menyatakan bahwa rekayasa perangkat lunak adalah suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, desain, pengkodean, pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.
Sebenarnya rekayasa perangat lunak itu merupakan pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip rekayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja efisien dan efektif untuk pengguna.
RPL -
Rekayasa perangkat lunak
Dari
beberapa definisi dan penjelasan diatas ada beberapa kategori dari
suatu rekayasa perangkat lunak yaitu :
1.
Maintainability yang artinya perangkat lunak dapat
terus dirawat dan dipelihara.
Pengertian lain dari maintainability adalah suatu usaha yang diperlukan untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan dalam perangkat lunak. maintanability diperlukan untuk pemeliharaan perangkat lunak dimana setelah dikembangkan dan diimplementasikan terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki berdasarkan hasil ujicoba maupun evaluasi. Suatu perangkat lunak yang baik dikatakan maintainability dapat dengan mudah direvisi apabila diperlukan.
Pengertian lain dari maintainability adalah suatu usaha yang diperlukan untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan dalam perangkat lunak. maintanability diperlukan untuk pemeliharaan perangkat lunak dimana setelah dikembangkan dan diimplementasikan terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki berdasarkan hasil ujicoba maupun evaluasi. Suatu perangkat lunak yang baik dikatakan maintainability dapat dengan mudah direvisi apabila diperlukan.
2.
Dependability yang artinya perangkat
lunak dapat mengikuti perkembangan teknologi.
Dependability maksudnya suatu perangkat lunak dapat diandalkan dan mengikuti perkembangan, secara kasarnya dependability itu maksudnya adalah kepercayaan konsumen terhadap suatu perangkat lunak. Sebenarnya dependability itu sendiri tergantung dari beberapa faktor diantaranya availability (ketersediaan sistem pada setiap waktu diperlukan oleh sistem) , reliability (kecenderungan sistem gagal dalam melaksanakan perintah), security(bagian dari sistem yang mencerminkan kemampuan untuk berjalan secara normal tanpa menyebabkan resiko bagi pengguna) dan safety(berkaitan dengan kehandalan sistem dalam menangkal ancaman dari luar sistem).
Dependability maksudnya suatu perangkat lunak dapat diandalkan dan mengikuti perkembangan, secara kasarnya dependability itu maksudnya adalah kepercayaan konsumen terhadap suatu perangkat lunak. Sebenarnya dependability itu sendiri tergantung dari beberapa faktor diantaranya availability (ketersediaan sistem pada setiap waktu diperlukan oleh sistem) , reliability (kecenderungan sistem gagal dalam melaksanakan perintah), security(bagian dari sistem yang mencerminkan kemampuan untuk berjalan secara normal tanpa menyebabkan resiko bagi pengguna) dan safety(berkaitan dengan kehandalan sistem dalam menangkal ancaman dari luar sistem).
3. Robust yang artinya perangkat lunak dapat mengikuti keinginan pengguna.
Maksud dari robust perangkat lunak adalah kinerja atau hasil yang diharapkan meskipun dalam kondisi yang tidak ideal seperti adanya gangguan yang tidak terkendali yang dapat mempengaruhi kinerja perangkat lunak.
4. efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya
suatu perangkat lunak dikatakan efektif dan efisien artinya pengguna tidak harus melakukan proses yang berulang-ulang hanya untuk menghasilkan beberapa output yang diinginkan.
5. Usability yang artinya dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan
Usability adalah tingkat kualitas dari perangkat lunak yang mudah dipelajari, mudah digunakan dan mendorong pengguna untuk menggunakan perangkat lunak sebagai alat bantu positif dalam menyelesaikan tugas. Usability adalah suatu ukuran, dimana pengguna dapat mengakses fungsionalitas dari sebuah perangkat lunak dengan efektif, efisien dan memuaskan dalam mencapai tujuan tertentu
Ya itulah sedikit penjelasan mengenai RPL- rekayasa perangkat lunak versi ane gan.
Semoga membantu kawan semua yang lagi cari-cari informasi
Semoga bermanfaat
0 comments:
Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*rn*grafi, Psik*trop*ka,H*ck,J*di dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!