Monday, December 3, 2018

Selamat Milad, Ideologi 4 Desember Aceh Merdeka bukanlah "Kerasukan Sejarah"

Selamat Milad, Ideologi Aceh Merdeka.
▪ 4 Desember itu bukan imajinasi Tengku yang bermimpi untuk sebuah kedaulatan. Justru, ia adalah fakta sejarah yang tidak bisa dibantah.
Karena logika hukum, sejarah, dan politik berada pada titik yang semestinya. Bukan Seremoni partai-partai yang membelokkan cakarnya, atau orang-orang yang melacurkan idealismenya. .
▪Aceh Merdeka bukanlah "Kerasukan Sejarah" yang dialami oleh Tengku. Tapi, ia adalah mantra untuk membasmi para ifrid yang bersarang dalam tubuh dan pikiran orang Aceh, lalu menyebabkan kehilangan identitas dan marwah. 
▪4 Desember adalah instrumen kemerdekaan yang telah diletakkan oleh Tengku, agar GAM tidak masuk sebagai Separatis, Teroris atau Rasis. Bukan Imagined Communities sebagaimana yang dilukiskan Benedict Anderson dalam kitab-kitabnya, lalu di rawi oleh mereka yang tidak jeli membaca syarah kemerdekaan. 
 ▪Rapuhnya persatuan, dan gagalnya murid Tengku mewujudkan Aceh Merdeka bukan indikator penilaian untuk mengukur kekuatan sebuah ideologi. Karena ideologi Aceh Merdeka adalah perkawinan antara Tauhid Pembebasan dengan Nasionalisme yang sangat sulit dimatikan. Dan, ia hanya ada pada jiwa-jiwa merdeka. 
 ▪Terimakasih Tengku, yang telah membuka mata ini untuk melihat keseimbangan dalam memanusiakan manusia. Terimakasih GAM, yang pernah melawan dengan segenap keyakinan. Kalian pernah menjadi jembatan untuk melihat masa lalu dan rapuh memperbaiki masa depan. Walaupun sekarang, anti kemapanan yang dulu pernah diajarkan telah dilupakan. Dan jujur, sulit untuk dimaafkan. 
 ▪Ideologi tidak pernah mati, walaupun saat ini dikhianati. Aceh sedang menunggu Aneuk Agam yang Hana Puplung Seuréuban. Karena, Aceh tidak butuh manusia yang Peuglah Peucôek Dröe seperti sekarang. 
 ▪Selamat Milad, GAM. Atas nama keyakinan, kami berdoa agar bulir hujan selalu mengirimkan Rahmat Nya untuk kita, hingga kita dipeluk lelap oleh kedamaian yang seharusnya. Al Fatihah.
AcehReview                  


Previous Post
Next Post

"Lahir di Lhokseumawe, lulus dari Jurusan Teknik Informatika dengan gelar Bachelor of Science (BSc or BS)/Sarjana Komputer(S.Kom).Mencoba belajar menjadi seorang Blogger amatiran "..

Related Posts

0 comments:

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*rn*grafi, Psik*trop*ka,H*ck,J*di dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!