Friday, November 23, 2018

Jenis Penargetan Iklan Adsense

Jenis Penargetan Iklan Adsense 
Bagaimana Menggunakan Fitur Eksperimen Adsense

Google Adsense lebih dikenal sebagai program periklanan kontekstual (contextual advertising). Dimana iklan yang iklan yang muncul akan menyesuaikan secara otomatis dengan konten halaman situs.

Tapi, sebenarnya Adsense tidak Terus Menerus melakukan penargetan iklan mereka secara kontekstual, masih ada 2 macam lagi jenis penargetan, yaitu: penargetan berbasis minat dan penargetan penempatan.

Mari, kita lihat satu per satu:

Penargetan kontekstual
Kebanyakan iklan Adsense yang muncul di blog Anda adalah jenis penargetan kontekstual. Iklan muncul di situs atau blog Anda, karena konten Anda relevan terhadap iklannya.

Google menentukan iklan mana yang muncul setelah proses lelang, dimana setiap iklan yang relevan dengan konten Anda bersaing satu sama lain. Penawar tertinggi yang akan menang, sehingga setiap iklan yang muncul di blog Anda dipastikan adalah iklan bernilai paling tinggi yang sesuai dengan konten Anda.

Penargetan berbasis minat
Iklan yang muncul berdasarkan kegiatan Anda surfing di internet. Sebagai contoh, jika sebelumnya Anda sering mengunjungi situs tentang pasar stok, maka ketika Anda mengunjungi blog lain yang memasang Adsense, maka kemungkinan besar iklan yang muncul adalah iklan tentang pasar stok.

Hal ini membuat iklan lebih relevan terhadap minat pengunjung, bukan terhadap konten blog Anda sendiri. Karena itu, dari hasil pengamatan saya, iklan berbasis minat selalu memiliki CTR lebih tinggi dari jenis penargetan lainnya.

Jika dibandingkan penargetan kontekstual nilai CTR beberapa kali lipat lebih tinggi.

Anda dapat menonaktifkan jenis penargetan berbasis minat ini dari tab Izin iklan>> Penayangan iklan. Namun sebaiknya Anda tetap membiarkannya aktif, karena terbukti memberi CTR lebih tinggi.

 Penargetan penempatan
Jika Anda melihat laporan kinerja Adsense, jenis penargetan ini biasanya lebih sedikit dibandingkan 2 jenis penargetan lainnya.

Tapi, jenis penargetan ini adalah yang terbaik, karena di sini, pengiklan sendiri yang menginginkan iklan mereka tampil di blog Anda. Seolah-olah pengiklan berpesan kepada Google:

“Hai, saya ingin menampilkan iklan di halaman tertentu, ukuran tertentu dan posisi tertentu, dan saya siap membayar lebih.”

Dan untuk bisa tampil, mereka (pengiklan) harus mengalahkan semua iklan lainnya dari penargetan kontekstual dan berbasis minat. Karenanya, iklan dengan penargetan penempatan dipastikan adalah yang tertinggi nilai BPK-nya.

Periksa laporan Anda
Untuk mengetahui berapa besar yang Anda dapatkan dari masing-masing jenis penargetan, pergilah ke halaman Laporan Kinerja. Kemudian di sebelah kiri, pilih Jenis penargetan. Di situ Anda bisa melihat kinerja masing-masing jenis penargetan.

Biasanya Anda akan melihat, sebagian besar penghasilan berasal dari penargetan kontekstual. Namun, jika Anda mendapati sebagian besar pendapatan Anda berasal dari penargetan penempatan, selamat! Berarti Anda telah dalam kondisi maksimal mendapatkan hasil dari Google Adsense.

Kesimpulan
Jadi manakah yang memberi hasil terbaik?
Jika dilihat dari nilai BPK, jelas penargetan penempatan adalah yang terbaik. Namun karena jenis penargetan ini adalah sepenuhnya ‘pesanan’ dari pengiklan, maka lebih sulit mendapatkannya. Anda harus menyajikan konten yang berkualitas dan ramai pengunjung untuk dipilih oleh pengiklan sebagai target iklan mereka.

Jenis penargetan berbasis minat, meskipun Anda dapat menonaktifkannya, namun karena memberikan CTR yang lebih baik, maka tidak ada alasan Anda tidak memakainya.

Sedangkan bagi kebanyakan kita, iklan kontekstual masih akan memberikan penghasilan terbesar dari Adsense. Jadi, silakan Anda menyimpulkan sendiri, 
Sukses selalu untuk kita semua. 

Semoga Bermanfaat.



Previous Post
Next Post

"Lahir di Lhokseumawe, lulus dari Jurusan Teknik Informatika dengan gelar Bachelor of Science (BSc or BS)/Sarjana Komputer(S.Kom).Mencoba belajar menjadi seorang Blogger amatiran "..

Related Posts

0 comments:

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*rn*grafi, Psik*trop*ka,H*ck,J*di dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!